Untuk sebuah perubahan besar…

[sebuah tulisan yg ingin saya publish 5 bulan yg lalu.., tapi Allah berkehendak lain, sehingga sy baru sempet upload ini sekarang.., tapi semoga ini jalan dari Allah untuk membangkitkan semangat kita tidak hanya di awal.., tapi juga di pertengahan dengan kembali mengingat momentum awal perjuangan kita.., semoga ini juga bisa mendokumentasikan perjalanan kemahasiswaan, terutama kaderisasi,di kampus perubahan ini, sya persembahkan khususnya untuk teman2 yg berjuang di BOLT, dan seluruh pengurus Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran pada umumnya...]


Ibarat sebuah Negara.., yg masa pemerintahannya berganti setiap 5 tahun sekali, Fakultas tempat sy menuntut ilmu pun pada bulan Januari yg lalu mengalami fase yg hampir sama, yakni pergantian masa kepengurusan senat mahasiswa yg berlangsung tiap tahun.

Setelah diawali dengan pemilihan umum yg demokratis (yg sebelumnya sempat dilema apakah harus mencalonkan dari angkatan sya atau tidak.., tapi untunglah setelah proses lobbying anak2 pun mau mengerti.., dan ikut pendapat sya klo tdk perlu untuk mencalonkan diri tahun ini…^^), hingga terpilih ketua baru, maka dimulailah pembentukan top management, pemilihan sekretaris jendral, ketua bidang & ketua seksi yg akan sama2 berjuang menjalankan roda kemahasiswaan kelak…

Ibarat api unggun, guna menjaga agar nyala api itu tetap menghangatkan dan memberi penerangan bagi orang-orang yang di sekelilingnya, maka diperlukan kayu bakar baru. Begitu juga dengan organisasi kemahasiswaan, untuk mempertahankan keberadaan dan meneruskan perjuangan yang sudah dirintis sebelumnya, perlu adanya sumber daya manusia yang baru dengan semangat yang baru tentunya, dan untuk memenuhi kebutuhan itu, perlu adanya suatu proses yg dinamakan kaderisasi, yg bertujuan untuk membantu & mempersiapkan orang-orang untuk bisa menjadi pengurus lembaga kemahasiswaan (dalam hal ini Senat Mahasiswa) yang baik & High Quality.

Dengan usaha yg cukup menghabiskan banyak ATP ketika pengusulan adanya system kaderisasi ke teman2 Pembinaan & Kaderisasi (kurang lebih dalam jangka waktu 2 bulan..), akhirnya disepakati & tercetuslah alur kaderisasi Senat Mahasiswa FK UNPAD 2009, yg dimulai dari proses latihan kepemimpinan organisasi – staffing – dan pelantikan (sayang gk ada proses magang karena waktu nya bener2 gk ada saat itu..), menjadi penanggung jawab kaderisasi menjadi sebuah konsekuensi logis yg diberikan tmn2 P & K akibat sebelumnya terlalu semangat untuk memperjuangkan adanya system kaderisasi di FK , berat memang…, tapi sya yakin banyak yg bakal bantu sya…, seandainya tak ada pun, saya yakin Allah akan menolong hamba –Nya….

Mulai dari nol, dengan dibantu Steering Committee, akhirnya terciptalah konsep dasar kaderisasi, yang diawali oleh LKO yg kita beri nama “Basic Organization & Leadership Training (BOLT) ”. Setelah konsep ada, mulailah untuk bergerak…, diawali dengan mencari pelaku pergerakan tersebut, yakni panitia kaderisasi.., mulai dari buka open recruitment, jarkom lewat ketua seksi, bahkan merekrut langsung orang2 yg diperlukan untuk kegiatan tersebut (seperti teman2 alumni LKMM kmarin..). Masalah pun sudah banyak ditemukan dlm proses ini (tapi gk apa2..., masalah membuat kita semakin dewasa dan menempa diri menjadi ‘orang besar’ ), mulai dari ribetnya koordinasi (karena pada saat itu sedang terjadi pergantian kepengurusan), tg syarat2 yg boleh jadi panitia, waktu libur yg panjang yang semakin merumitkan koordinasi, tanggal pelaksanaan yg penuh pertimbangan (karena jadwal sgt padat pada saat itu..), jumlah SDM yg sedikit, dan mengenai masalah konsep…

Akhirnya, untuk mengatasi masalah2 tersebut, ada bebarapa hal yg dilakukan, seperti menetapkan struktur panitia yg di-‘compress’ [ketua, sekretaris, bendahara, bidang I (Acara), II (Lapangan), III (logistik, konsumsi, akomodasi), IV (Publikasi, Humas, Perizinan, Dokumentasi)], koordinasi dengan pihak fakultas, pengurus senat, dan tiap2 angktan dsb., masalah2 tersebut sedikit demi sedikit mulai teratasi.., hingga terbentuklah tim kaderisasi yg siap memulai project awal yakni BOLT…

Tim ini punya waktu efektif hanya 4 hari saja untuk mempersiapkan kegiatan seperti ini..(total waktu yg terpakai untuk persiapan hingga pelaksanaan kurang lebih hanya 16 jam saja...), dimulai dari nol, hanya bermodal konsep dasar yg sudah terbentuk dari SC, kita dituntut untuk mencetak sejarah kemahasiswaan di fakultas sya (karena ini adalah LKO perdana yg pernah dilakukan..). Secara logika memang sulit untuk terealisasikan, tetapi karena pikiran2 kita telah turun ke wilayah hati, yg berubah menjadi keyakinan & kemauan, serta kemudian membulat menjadi tekad, maka kita pun memperoleh energi yg akan merangsang & menggerakan tubuh untuk melakukan perintah2 pikiran tersebut, sehingga logika pun tdk terbukti dalam kasus ini…, rapat yg simultan kita lakukan tiap hari, bahkan bisa mencapai 2 kali sehari, pergi pagi pulang maghrib, via telepon, sms juga dilakukan untuk mengoptimalkan persiapan, walaupun kita sering disisipi kewajiban primer kita dalam mengerjakan learning Issue, tapi itu tdk menyurutkan semangat kita untuk meng-goal-kan acara ini.., pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, materi, fisik, mental jelas merupakan bukti pengorbanan kita sebagai pemuda yg ingin menciptakan peradaban yg lebih baik, yg diinisiasi dari lingkungan terdekat melalui kemahasiswaan nya… Capek, bosan, lelah, marah, menjadi fitrah yg mewarnai proses ini..., dan sungguh sedih & terharu nya sya ketika melihat teman kita yg sampai sakit dalam mempersiapkan ini semua…(bwt sya ini membuktikan kesungguhan nya dalam menjalankan amanah & kemauan nya yg besar untuk terus belajar dan tdk ingin mengecewakan orang lain…^^), maaf teman….

Berkat semua usaha tersebut, kegiatan BOLT yg bertujuan memberikan kompetensi, menginisiasi solidaritas, memperkenalkan medan kemahasiswaan ini dpt terealisasi dlm bentuk kegiatan INTERNALISASI (Perkenalan medan kemahasiswaan FKUP dan SENAT mahasiswa), Pembekalan Diri (Pemberian materi dasar kepada calon pengurus, yg disampaikan oleh kita yg juga sebagai mahasiswa seperti teman2 peserta lainnya), dan Positioning SENAT (Memperkenalkan posisi senat dan hubungannya dengan ‘pihak’ luar.).

Ada rasa bangga ketika melihat teman2 peserta disiplin, memiliki progress yg baik, kebersamaan nya mulai terbentuk dsb, mulai dari apel pembukaan, pemberian materi, makan satu nampan (jadi inget anak2 al furqan pas SMA..^^), sampai penutupan, sya merasakan hal tersebut. Tapi, diantara hal yg baik tersebut diwarnai juga dengan masalah2 yg sekali lagi menambah kedewasaan kita dalam menyikapi nya..., dimulai dari masalh internal dari pengurus senat terdahulu yg merasa tidak dilibatkan, penyamarataan peserta-panitia, penegasan peraturan, dan masalah2 lain terkait status pnitia & peserta yg berasal dari angkatan yg sama,bahkan kakak angkatan,dsb.., jangankan dengan peserta, diantara sesama panitia pun masih ada yg belum bisa saling memahami, terjadi miss komunikasi, yg ngehasilin sikap non produktif & membuat capek diri sendiri..., tapi tak apa..., karena disanalah justru seni tentang mengelola emosi, perasaan, dan keterikatan hati dilatih..., ditambah masalah yg sangat krusial disaat persiapan, akibat jadwal FK yg tiba2 berubah..., disaat kita mengagendakan kegiatan di hari tersebut, H – 1 hari (malamnya tepatnya..), sya mendapat berita klo 2007 ada seminar BHP di hari yg sama.., dan itu gk bisa diundur lagi..!! Parah memang!! Sempet drop awalnya (karena melihat pengorbanan anak2 yg luar biasa.., khawatir mengecewakan mereka..), tapi untunglah ada yg bisa buat sy semangat lagi pada saat itu.., terima kasih teman..., tapi Alhamdulillah, akibat pertolongan Allah juga, besoknya kita bisa merevisi run down dan menyiasati kemungkinan2 yg terjadi...(dalam H- 4 jam technical meeting...)

Luar biasa..., Allah telah memperlihatkan kpada saya orang2 yg memiliki dedikasi, pengorbanan, dan kemauan untuk memberikan kebermanfaatan disini..., dan ingatlah tgal 10-11 Januari 2009 ini, karena pada hari tersebut kita telah menorehkan sejarah dalam lembaran kemahasiswaan FK Unpad dengan mengadakan kegiatan LKO perdana tersebut...



*Basic Organization & Leadership Training (BOLT), semoga tidak terlena dengan nostalgia sejarah yg ditorehkan, lanjutkan pembelajaran untuk menjadi individu yg lebih baik..

Selesai nya BOLT bukan berarti selesai dalam urusan kaderisasi.., karena setelah kegiatan tersebut langsung diikuti proses staffing, dengan konsep wawancara (selama beberapa puluh menit kita dituntut untuk bisa mengenali karakter orang untuk bisa ditempatin dimana, walaupun tiap orang diwawancarai oleh 2 orang pewawancara, bias itu tetap ada...), uji kompetensi kognitif, hingga kuosioner minat.., dari ketiga aspek tersebut maka dilakukanlah mix & match untuk menempatkan orang sesuai keterbutuhan, potensi, dan minat.., memakan waku yg cukup lama memang, kurang lebih sekitar 8 jam (kata tmen sya sih.., cz sya gk ngitung jam nya...^^, tapi yg saya inget mulai ba’da isya dan berakhir ketika adzan subuh..., berapa lama tuh??knapa ya klo bwt belajar, sya gak pernah bertahan selama itu..., baru 1 jam aja udah tumbang..^^), knapa makan waktu lama, karena ini bukan hal yg main2.., selama setaun kedepan, aktifitas kemahasiswaan FK salah satunya ditentukan disini.., ini amanah, khususnya untuk ketua seksi untuk bisa memegang anggotanya..., dan yakinlah bahwa setiap amanah akan ada pertanggungjawabannya.., hal ini juga yg membuat penempatan orang dilakukan sangat hati2, memperhatikan dari segala aspek.., rasa cemas, takut, marah, tdk puas, lucu, senang, dll turut meramaikan aktifitas kita pada saat itu.., dan entah knapa, apakah ini kemudahan, atau sebuah ujian Allah membuat seksi yg sya pegang paling banyak diminati, dan paling banyak anggotanya.., tapi yg sy tau.., semakin banyak kita memegang orang.., semakin besar pula pertanggung jawaban nya kelak..., semoga kelak sampai akhir kepengurusan, sy dan tmn2 yg lain masih tegak berdiri melawan angin yg coba merubuhkan nanti nya..., mari kita sama2 satukan langkah dan rapatkan barisan untuk sama2 belajar, berjuang, dan memberikan manfaat dlam sebuah bentuk pengabdian kelak, sebagai bukti penghambaan & pengabdian kita juga terhadap Sang Pencipta, Allah swt.., dan smoga Dia terus mempersatukan hati2 kita sebagai satu seksi, dan hati-hati kita semua dalam lingkup senat mahasiswa. Jadi yakinlah teman2 pengurus senat, kita ada dsini dan ditempatkan di sesuatu itu melalui sebuah proses pertimbangan yg matang..., jadi jaga komitmen kalian untuk bisa berkontribusi disana.., dan semoga apa yg menjadi motivasi kalian masuk senat bisa kalian raih kedepan nya..

Setelah staffing selesai.., tibalah saatnya pelantikan seluruh pengurus senat mahasiswa (setelah sebelumnya dilakukan pelantikan untuk ketua senat, sekjen, kasie, dan kabid..., semoga air mata yg dikeluarkan disini menjadi bukti penyerahan diri kepada Allah atas semua usaha yg akan dilakukan kelak, sebuah bentuk pengaduan, pengharapan, dan mohon pertolongan dari-Nya, agar senantiasa diberi kekuatan, agar kelak bisa menjadi pribadi yg lebih tangguh..^^) dan disinilah awal semua pengurus mengetahui bidang yg akan mereka masuki.., walaupun sempat terjadi masalah dlm pmilihan waktu sebelumnya, tapi semuanya bisa diatasi, dan pelantikan berjalan cukup khidmat, serius tapi santai...^^ , semoga semangat itu bisa terus terjaga...

Tidak cukup sampai disitu..., walaupun seluruh rangkaian kaderisasi tlah selesai, untuk panitia masih ada yg harus dikerjakan.., yakni LPJ !! (semangat ya bu sekretaris.., stelah sbelumnya direpotin ma proposal.., maaf gk banyak bantu.., jangan pernah berhenti untuk terus belajar sesuatu y..), bendahara yg bikin laporan keuangan juga (walaupun baru sembuh dari sakit..), tim acara yg masih mengurusi sertifikat, pencapaian parameter, follow up dsb (makasih atas pmikiran nya ya...), tim bidang 4 yg masih ngumpulin foto2 untuk merangkai kenangan yg ada (tanpa kalian mungkin kenangan itu hanya tersimpan dalam hati saja..^^), bidang 3 yg harus balikin barang2, beli barang yg dibutuhin bwt kbutuhan pasca acara (bahan sertifikat, dsb.., makasih mobil, tenaga, & smua pengorbanan yg dah dilakuin..), bidang 2 yg walaupun abis serangkaian kegiatn ini gk ngapa2 in selain bikin LPJ, tpi kontribusinya pas pelaksanaan acara vital bgt..., tanpa kalian acara mungkin jadi agak lamban & tdk terkondisikan.., thanxs berat ya...

MAAF & TERIMA KASIH.., 2 kata yg benar2 ingin sya sampaiakan, khususnya kepada teman2 panitia atas smua yg telah kalian lakukan.., tepiskan jenuh, ikhlaskan peluh saudaraku !!! Walaupun pada saat kegiatan kita menemukan beberapa ketidaksesuaian dengan rencana yang telah kita jadwalkan, semoga kita tetap tegar, karena itu hanya sebuah ujian. Allah hanya akan memberikan yang kita butuhkan bukan sekedar yang kita inginkan , walaupun belum dapat dirasakan hasil ikhtiar kita sekarang , itu berarti hasil yang tertunda. Sulit tidak selamanya sulit , sebagaimana mudah tidak selamanya mudah. Kesulitan tidak akan mengalahkan kemudahan- kemudahan, hanya dikhawatirkan jika kesulitan punya nafas lebih panjang daripada semangat kita untuk mengalahkannya. Ketika kehidupan memberi seribu alasan untuk menginginkan sesuatu, pahamilah bahwa Allah punya sejuta pengetahuan akan kebutuhan hamba -Nya. Akhiri kelelahan dalam melaksanakan kegiatan ini dengan senyum & ikhlas. Cukuplah Allah sebagai saksi dan tujuan, karena Dia lah sebaik-baik pemberi balasan.

Untuk tman2 pengurus senat.., yg merasa amanah ini berat.., khawatir tidak bisa menjalankan amanah untuk kedepannya..., sya akui..., klo amanah ini memang berat.., tapi yakinlah, kita tidak sendirian saudaraku!!! Masih banyak tman2 kita yg lain yg membantu di belakang kita, atau ketika tdk ada seorang pun nanti yg bantu kita.., yakinlah bahwa Allah akan bersama kita.., maka kekuatan apalagi kah yg kita harapkan selain dari kekuatan- Nya?? Cukuplah Allah sebagai penolong....

Wajar kelak ketika nanti kita menjalankan amanah ini banyak ujian nya..., coba perhatikan Surah Al-Ankabut ayat 2-3...

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:"Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.”

Lalu mengapa juga ada fase dimana kita tidak mendapatkan apa yg kita harapkan?? Semoga Surah Al-Baqarah ayat 216 ini bisa menjawab hal tersebut…

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Jangan pula lah kita banyak mengeluh akan ujian yg dihadapi, dan menganggap Allah tidak adil dalam memperlakukan kita...

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (Surah Al-Baqarah ayat 286)

BANGKIT saudaraku!!! Sedih, kecewa, jatuh, itu manusiawi.., Berhenti sejenak bukan patahkan langkah & menghambat tujuan.., yakinkan bahwa kita mampu, kita KUAT untuk menghadapi semua ini..., jangan berputus asa...!!!!

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.”
(Surah Al-Imran ayat 139)

”dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.”
(Surah Yusuf ayat 87)

Lalu bagaimana kita harus menghadapi semua ini??? Bagaimana kita harus bertahan?? Pertanyaan seperti inilah kelak nanti nya yg timbul di benak kita, ketika ketakutan2, ketika ujian2 itu sedang menghampiri kita..., Al Quran lah tempat kita mencari referensi..., berikut beberapa ayat yg sy dapat...

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung”
(Surah Al-Imran ayat 200)

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',”
(Surah Al-Baqarah ayat 45)

Apa yg akan kita dapatkan dari semua ujian2 yg kelak bisa kita temui suatu saat?? Apa yg akan kita peroleh dari hasil kita coba tegar.., bertahan.., kuat dengan menyandarkan diri hanya pada-Nya...???

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu'min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka”
(Surah At-Taubah ayat 111)

Lalu adakah balasan yg lebih baik dibanding surga-Nya??? Jadikan itu motivasi kita untuk bertahan, agar tetap teguh disaat yang lain runtuh, agar tegar kala yg lain terlempar, agar tetap istiqamah disaat yg lain futur.., maka sekali lagi, cukuplah Allah bagi kita saudaraku...

“Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal”
(Surah At-Taubah ayat 129)

Mari kita berbenah dan terus berbenah untuk mempersembahkan yang terbaik dalam masa hidup kita dengan torehan kemuliaan & semangat pantang menyerah. Dimanapun. kapanpun dan dengan siapapun..selama ALLAH SWT menjadi "..just The ONE goal..“ Insya Allah akan "bahagia"...

Semoga kita semakin semangat dalam menjalani setiap episode kehidupan yang dipersembahkan Nya. Jadikan kepengurusan kita di senat ini sebagai sarana penggapai ridho-Nya..., untuk sebuah perubahan besar diperlukan tekad yg besar, semangat yg besar, pengorbanan yg besar, hati yg besar.., dan yg sangat penting diantara yg lain nya ialah izin dari Yang Maha Besar..., Allah swt...

Bismillah..., Insya Allah saya, kamu, kita BISA...!!!!, percayalah... ^^



*Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, kita terlahir kembali sebagai sebuah keluarga.., jadikan itu sebagai referensi pergerakan kita.., peradaban kampus di pundak kalian !!

LANJUTKAN !!! Perjuangan kita masih panjang... :)


*jadi rindu bidang kaderisasi lagi.. :)
//danfer] http://frinholictea.blogspot.com/

4 komentar:

shakiena mengatakan...

hoho
waaaww jadi inget seminggu itu pulang malem trus..
udah gitu mobil saya udah kaya GUDANG.. hwehehehe

danfer.. mengatakan...

oh..
shakie so sweet....
maaf ya ngerepotin...

(meneteskan air mata...)

*lebay mode : ON..
he...

_tapi beneran makasih ya.._

Fulki Fadhila mengatakan...

kang, ikut baca...

tadi saya googling dengan keyword alur kaderisasi,
eh malah nyasar ke blog ini, hehehe...

danfer.. mengatakan...

monggo2.. :D
silahkan dinikmati saja.. :p

enggak nyasar dong ful..
kan ini emang tentang alur kaderisasi juga..
he..he...